Selat Solo Pak Sasmito

Image: edisusilo.com

Main Ke Solo Mencicipi Selat Solo Pak Sasmito Dan Timlo nya

Kalau ngomongin kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi kuliner yang satu ini berasal dari kota Solo, yaitu selat solo dan timlo. Udah pernah dengar namanya? selat atau salat ya? Yang ini manyanya selat hehe, nanti dijelasin deh. Dan yang terkenal di kota Solo salah satunya selat solo Pak Sasmito.

Selat solo dan timlo ini merupakan makanan khas Solo dan sekitarnya. Kalau di Jogja jujur aku belum pernah menemukan makanan satu ini. Mungkin ada atau juga nggak ada. Sama halnya gudeg, makanan ini bisa dibilang belum pas kalau belum mencicinya jika main ke Kota Solo.

Beberapa waktu lalu kebetulan berkesempatan main ke kota tersebut. Tujuannya ya cuma main dan pingin mencicipi yang namanya selat solo. Naik kereta api dari Jogja ke Solo ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Karena sehari sebelumnya sudah mencari-cari tempat jualan selat solo yang enak. Akhirnya menemukan warung makan kuliner solo yang menjual selat solo, yaitu selat solo Pak Sasmito. Bagi yang tinggal di Kota solo mungkin udah tau ya tempat ini.

Lokasi warung Pak Sasmito ini berada didalam pasar klewer solo. Posisinya berada dilantai 4 atau atas sendiri. Tempatnya di pojok atau kalau nggak tau bisa tanya-tanya ya. Warung Pak Sasmito ini memang sudah terkenal dan pernah diliput salah satu stasiun tv swasta.

Kembali ke topik manakannya, aku pesan selat solo terlebih dahulu. Selat solo itu beda sama salat, tapi mungkin secara umum sama. Selat solo itu ada telur, kentar, timun, daging, dan macam-macamnya lihat sendiri dibawah ya. Ya mungkin ini salat versi Solo kali ya hehe.

Selat Solo

edisusilo.com

Ngomongin rasanya jelas ini enak, wong dua kali ke Solo pasti mampir ke tempat ini. Rasanya ya selat solo banget dan manis sih khas makanan Jogja-Jateng dan sekitarnya. Gurih udah jelas, seger dan nagih banget. Ada yang kurang sih sebernarnya, kurang banyak porsinya hehe.

Untuk harganya menurutku pas sesuai dengan apa yang ditawarkan. Satu porsinya hanya berkisar belasan ribu, kalau mau tau lebih jelasnya datang langsung ya hehe. Yang pastinya harganya terjangkau untuk semua kalangan.

Setelah selat solo, berikutnya makanan khas yang masih ditawarkan Pak Sasmito yaitu timlo. Kalau denger kata timlo pasti teringat salah satu grup musik ya nggak? Nggak tau mana yang duluan, yang pasti timlo yang satu ini enak dimakan.

Kalau aku boleh bilang, timlo ini mirip sama soto yang ada dijogja ya. Tapi rasanya beda sama soto, enak mana sih relatif suka yang mana ya. tapi yang pasti timlo ini enak banget. Kamu harus coba nih dan kalau mau tau isinya apa aja bisa lihat dibawah ini ya hehe.

Timlo Solo

edisusilo.com

Untuk harga semangkok timlo kalau nggak salah hampir sama dengan selat solo. Ya masih terjangkahlah untuk semua kalangan. Kalau menurut aku pas sih sesuai dengan rasanya yang aduhai. Nggak salah main jauh-jauh dari Jogja ke Solo.

Untuk makanan lain ada di tempat selat solo Pak Sasmito ini. Tapi sama aja yang ada ditempat lain seperti dijogja, jadi nggak terlalu tertarik. Karena memang tujuan awal main ke solo ya mencicipi kuliner khas solo. Yuk Kamu mau kapan nyobain selat yang satu ini?


2 thoughts on “Main Ke Solo Mencicipi Selat Solo Pak Sasmito Dan Timlo nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.